Rabu, 27 November 2013

tugas artikel bahasa indonesia : TUMBUHAN SEBAGAI OBAT TRADISIONAL




Di bumi ini terdapat banyak sekali tumbuhan-tumbuhan dengan berbagai jenis dan spesies. Ada beberapa tumbuhan yang digunakan sebagai tanaman hias, sumber penghasilan dengan cara bertani ataupun berkebun, pembuatan bahan sandang, bumbu masakan, dan ada pula yang berguna sebagai obat tradisional.
“Al-Qur`an menyebutkan sejumlah buah-buahan yang oleh ilmu pengetahuan modern ditegaskan memiliki khasiat untuk mencegah beberapa jenis penyakit. Buah-buahan yang memberikan manfaat pada tubuh manusia dalam berbagai cara, juga enak rasanya. Di dalam ayat-ayat Al-Qur`an, Allah menyuruh manusia supaya memperhatikan keberagaman dan keindahan disertai seruan agar merenungkan ciptaan-ciptaan-Nya yang amat menakjubkan.” [1]


Obat tradisional tersebut merupakan obat yang terbuat dari tumbuhan, berupa buah, daun, akar maupun batang. Penggunaan obat tradisional ini lebih aman dibanding dengan obat-obatan zaman sekarang yang memiliki kandungan bahan kimianya. Namun walaupun obat tradisional lebih aman tetap saja akan menimbulkan efek tertentu jika disalah gunakan dan pemakaiannya berlebihan. “….dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” [2]
Berikut 7 macam tumbuhan herbal dan khasiatnya :
1.     Jahe ( Zingiber officinale )
Umbi jahe mengandung senyawa oleoresin yang lebih dikenal sebagai gingerol yang bersifat sebagai antioksidan. Sifat inilah yang membuat jahe disebut-sebut berguna sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Komponen bioaktif jahe dapat berfungsi melindungi lemak/membran dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh, dll.
2.     Kunyit ( Curcuma Longa Lyn. )
Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan. Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu: sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah,dll.
3.     Bawang Putih (Genus Allium )
Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Bawang putih dapat digunakan untuk pengobatan alternatif pada Flu dan Batuk, dapat menurunkan kolestrol, memerangi kanker, dll.
4.     Belimbing Wuluh ( Averrhoa bilimbi )
Blimbing Wuluh menyebuhkan gusi berdarah, Obat Gondongan, Obat Sariawan, Obat Penghilang Panu,dll.
5.     Alpukat ( Persea Americana )
Buah alpukat kaya vitamin A dan karoten yang baik. Demikian juga dengan mineral kalium dan rendah natrium. Dilaporkan, makanan yang kadar kaliumnya tinggi dan natriumnya rendah adalah makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
6.     Kemuning ( Murraya Paniculata )
Kemuning digunakan sebagai obat bisul, rematik, memar, nyeri rematik sendi, sakit gigi, melangsingkan badan, radang buah zakar, infeksi saluran kencing, dating haid tidak teratur, kulit kasar, dll.
7.     Kumis Kucing ( Orthrosiphon Aristatus )
Daun kumis kucing basah maupun kering bermanfaat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar